Daftar Link Situs Slot Gacor 2023

Terling (Tera Keliling) UTTP di Kota Padang - Berita UPTD Metrologi Legal Dinas Perdagangan Kota Padang
/ Berita / Detil

Berita Umum   Padang Ekspres   02 Oktober 2018

Terling (Tera Keliling) UTTP di Kota Padang

UPTD Metrologi Disdag Jemput Bola

Kepala UPTD sedang melakukan pemantauan pelaksanaan Tera Keliling di Kota Padang


Kesadaran masyarakat Kota Padang untuk melakukan tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya dinilai masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari masih minimnya masyarakat yang melakukan tera ulang di UPTD Metrologi Padang. 

Padahal, tera ulang tersebut untuk mengantisipasi kecurangan penimbangan yang dapat merugikan konsumen. Menyikapi kondisi tersebut, UPTD Metrologi Legal Dinas Perdagangan Kota Padang melakukan inovasi tera keliling (terling) dengan jemput bola ke masyarakat. Terling ini sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala UPTD Metrologi Legal, Yeni Rizal mengatakan, untuk tahap awal ini, terling dilakukan di Kecamatan Kototangah. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 27 Agustus 2018. Jadwalnya Selasa hingga Kamis. Adapun kawasan yang sudah didatangi di antaranya, Batipuhpanjang, Pasia Nantigo, Balaigadang dan kawasan lainnya. 

“Dengan menggunakan mobil terling, kami mendatangi pedagang di pasar-pasar, pabrik, SPBU, dan perusahaan yang memiliki alat timbang barang untuk menera ulang timbangan mereka. Alhamdulillah, mereka antusias dan menyambut baik tera ulang yang dilakukan petugas metrologi. Buktinya mereka antusias melakukan tera ulang timbangannya,” kata Yeni Rizal. 

Dijelaskan, sekali setahun pedagang harus melakukan tera ulang timbangannya. Timbangan pedagang yang sudah ditera ulang akan diberikan cap tera sebagai bukti sudah melakukan tera ulang. Untuk itu, pihaknya akan terus konsisten untuk melakukan tera ulang timbangan pedagang. Ke depannya terling akan dilakukan di seluruh kecamatan di Kota Padang.

Selain inovasi terling, sebut Yeni Rizal, inovasi lainnya yang akan dilakukan adalah pendaftaran pelayanan tera ulang secara online. Langkah ini dalam rangka mendukung Kota Padang menuju smart city. “Insya Allah, 2019 nanti sudah bisa kita mulai,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Padang, Endrizal mengapresiasi inovasi yang dilakukan UPTD Metrologi ini. Menurut Endrizal, inovasi terling ini sangat membantu dan memudahkan masyarakat yang akan melakukan tera ulang. Sehingga mereka tak harus ke Kantor UPTD untuk melakukan tera ulang.

Endrizal menjelaskan, tera ulang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dari praktik nakal oknum pedagang nakal. “Kami berharap, timbangan seluruh pedagang di Kota Padang dapat dilakukan tera ulang,” jelasnya.

Salah seorang pedagang yang ditemui Padang Ekspres di kawasan Kototangah, Murniati, 55, mengaku sangat mendukung tera ulang tersebut. Sebab, dengan adanya tera ulang, ia menjadi lebih yakin dengan timbangannya. “Saya berharap semua pedagang mau ditera ulang timbangannya,” katanya. (*)

Editor : Elsy Maisany
Sumber Berita : Rudi Effendi - Padang Ekspres

 


Komentar Anda